Perbedaan software gratis dan berbayar

3:15 PM

Banyak sekali software yg beredar dengan berbagai macam lisensi dari yang gratis dan berbayar. Namun ada juga software yang bisa digunakan gratis dengan batasan beberapa hari lalu kita harus membeli lisensi berbayar, jenis yang seperti ini adalah versi trial.

Lalu, apakah perbedaan antara software gratis dan berbayar?
Perbedaannya tentu pada fitur yang kita dapatkan. Software berbayar umumnya mempunyai fitur yang sangat lengkap sedangkan software berlisensi gratis biasanya ada banyak pembatasan fitur.

Namun, berbeda lagi dengan software open source. Jika open source fitur yang didapatkan tetaplah yang terbaik dan justru software open source cepat sekali melakukan update dan gratis tentunya, karena open source adalah software yang status nya dikembangkan oleh beberapa developer secara bebas.

Untuk kekurangan dari software jenis open source adalah umumnya software jenis ini mempunyai banyak bug, namun semuua itu diatasi dengan cepatnya melakukan update secara berkala dan di setiap update nya memperbaiki bug yang ada.

Jadi kesimpulannya adalah software gratis itu umumnya mempunyai beberapa kekurangan dengan terbatasnya fitur yang diberikan, berbeda dengan software berbayar yang mempunyai banyak fitur terbaru dan terbaik dari software tersebut.

Artikel Terkait

Previous
Next Post »

1 komentar:

Write komentar