Kelebihan dan kekurangan WhatsApp

1:17 PM

WhatsApp merupakan aplikasi chatting terpopuler yang diluncurkan pada tahun 2009 dan mendukung banyak platform seperti Android, Symbian, S40, S60, Blackberry, iOS.
Aplikasi yang satu ini memungkinkan kita untuk saling berkirim pesan, berbagi foto, ataupun, menelpon dengan menggunakan koneksi internet.

Walaupun banyak pesaing WhatsApp terhitung hingga saat ini, namun WhatsApp tetap populer dikalangan masyarakat karena penggunaannya yang simple dan tidak menyulitkan para pengguna nya, ditambah lagi cara pendaftarannya yang mudah, kita hanya menggunakan nomer telepon untuk mendaftar.

Pada artikel kali ini saya akan sedikit menjabarkan apa saja kelebihan dan kekurangan pada aplikasi WhatsApp, mari disimak.

Kelebihan:

1. Otomatis kontak tersinkron
Kelebihan pada aplikasi messenger WhatsApp adalah kontak yang otomatis tersinkron dengan akun WhatsApp kita, jadi kita tidak perlu repot menambahkan kontak teman-teman kita,
Setelah mendaftar, kontak nomer teman kita akan otomatis menjadi kontak kita di WhatsApp dengan catatan nomer teman kita juga telah menggunakan WhatsApp.

2. Simple dan mudah digunakan
Salah satu keunggulan WhatsApp yang lainnya adalah mudah nya penggunaan dalam aplikasi ini.
Bahkan orang yang baru mencoba nya sudah bisa menggunakan aplikasi yang satu ini.
Ditambah lagi cara mendaftarnya yang mudah, hanya menggunakan nomer telepon.

3. Mudah dikustomisasi
Ini adalah perbedaan WhatsApp dengan aplikasi messenger yang lain, dimana jika kita memakai WhatsApp kita dapat mengganti background untuk chat kita, tentu ini tidak akan membuat kita bosan ketika menggunakannya.

4. Memback up percakapan dengan mudah
Jika kita akan berganti ponsel namun tidak ingin kehilangan history chat kita dengan teman-teman kita WhatsApp bisa dengan mudah memback up percakapan kita.

5. Berkomunikasi hanya menggunakan koneksi Internet
Sebenarnya inilah yang membuat panggilan telpon dan sms dengan menggunakan pulsa menjadi hilang masanya berkat adanya WhatsApp kita bebas menggunakannya untuk menelpon ataupun chatting, yang dibutuhkan hanyalah koneksi data Internet.


Kekurangan:

1. Berbayar tiap tahunnya
Kekurangan dari aplikasi ini yang sering dielu eluhkan adalah lisensi nya yang berbayar.
Per tahun kita dikenakan biaya sekitar Rp.12.000,-

2. Emotion yang kurang menarik
Banyak pengguna yang mengeluhkan hal ini, mereka merasa kalau emotion di WhatsApp terkesan jelek dan kalah dari aplikasi sejenis seperti Line, BBM, atau WeChat.

3. Belum mendukung Video Call
Tidak seperti aplikasi messenger lain pendatang baru yang telah menambahkan fitur Video Call di Aplikasi Messenger mereka, namun untuk WhatsApp hingga versi terbaru saat ini belum mempunyai fitur tersebut.


Itulah beberapa kelebihan dan kekurangan yang ada pada Aplikasi WhatsApp, tapi menurut Fahmi Tech sendiri WhatsApp aplikasi yang wajib digunakan karena kemudahannya dalam berkomunikasi dan cara penggunaannya yang sangat simple.

Artikel Terkait

Previous
Next Post »