Keunggulan software open source

9:36 PM

Saat ini, ada banyak software yang beredar di internet. Dan dari berbagai macam software tersebut mempunyai jenis lisensi yang berbeda dari mulai yang berbayar hingga gratisan. Banyak orang yang beranggapan bahwa software berbayar lebih baik daripada software gratisan (freeware). Memang, terkadang software berbayar menyuguhkan fitur yang lebih dibanding software yang berlisensi gratis. Tetapi itu semua salah jika anda sudah mengenal software dengan lisensi open source. Software open source selain gratis software tersebut bisa kita kembangkan. Umumnya software open source sangat cepat melakukan update ketimbang software berbayar karena banyak developer yang mengembangkan dan mencari celah/bug dari software open source tersebut. Sampai saat ini sangat banyak software berjenis open source yang beredar dan tak kalah kualitas dengan software berbayar dan mungkin lebih bagus open source menurut saya. Berikut diantaranya:


1. Mozilla Firefox
Mozilla Firefox adalah software kategori browser yang berjenis open source. Saat ini software browser ini sangat banyak digunakan oleh pengguna komputer selain juga Chrome yang juga sama-sama berjenis open source.

2. Notepad++
Notepad++ adalah software editing teks dan juga mendukung banyak bahasa program. Oleh programmer software ini digunakan untuk mengedit kode program mereka. Tak heran banyak para programmer yang menggunakan software ini. Selain gratis software ini juga sangat lengkap fiturnya.

3. Gimp
Untuk di multimedia software open source yang satu ini tak kalah hebat dibanding Adobe Photoshop. Gimp merupakan software editing grafis yang sangat bagus dan selalu dikembangkan hingga saat ini tak kalah saing dengan Adobe Photoshop. Fiturnya pun sangat lengkap.


Itu adalah contoh beberapa software berjenis open source, dan sebenarnya masih banyak lagi. Namun saya hanya menagambil 3 saja untuk contoh.
Kalau menurut saya pribadi software yang berjenis open source sangat layak untuk digunakan, selain gratis fitur yang disediakan juga tidak kalah dengan software berbayar. Kita juga tak perlu mencari patch atau crack untuk menggunakannya tidak seperti software berbayar yang digunakan dengan ilegal, pasti membutukan crack.


Sekian artikel kali ini yang sedikit menjelaskan keuntungan menggunakan software open source. Semoga bisa menjadi referensi bagi kita semua..

Artikel Terkait

Previous
Next Post »

1 komentar:

Write komentar