Menjaga komputer dari virus

9:53 PM

Virus, program jahat yang satu ini memang sangat membuat resah si pengguna komputer. Virus dapat merusak sistem komputer dan bisa juga pada data si pemilik komputer, contohnya pada dokumen-dokumen tersimpan milik kita. Indikasi komputer terkena virus adalah bisa dilihat dari perilaku komputer kita sendiri, yang sering terjadi biasanya pemakaian memory ram yang tinggi walaupun kita sedang tidak menjalankan program apapun. Namun ada juga virus yang masuk, namun ia sifatnya tidak menggangu dan tidak menimbulkan efek sama sekali.

Ada banyak cara agar menghindari komputer kita dari serangan virus. Salah satunya adalah dengan menginstal software antivirus dikomputer kita. Saat ini ada banyak software untuk menjaga komputer kita dari bahaya serangan virus. Dari yang freeware (gratis) hingga yang berbayar. Untuk yang gratis, saat ini yang populer adalah Avast, AVG, dan Avira. Gunakanlah antivirus yang enggine nya selalu di update.

Virus dapat menyebar dengan berbagai cara. Yang sering terjadi adalah melalui internet dan flashdisk.
Untuk menghindari serangan virus dari internet, saya sarankan menggunakan Avast Internet Security. Program ini sangat ampuh menjaga kita dari serangan virus di internet. Sedangkan serangan virus dari flashdisk ini sering terjadi saat kita mencolokkan flashdisk kita. Ya, terkadang flashdisk itu sudah terinfeksi virus sebelum di input ke komputer kita. Untuk antisipasi nya adalah dengan menginstal software USB Disk Security. Ia akan segera memindai flashdisk yang kita masukkan ke komputer kita.

Ada cara alternatif lain yang bisa digunakan agar komputer kita bersih dari virus, yaitu dengan menggunakan Deep frezze. Cara kerja software yang satu ini adalah mengembalikan keadaan komputer kita menjadi seperti semula bila Deep Freeze sedang menyala. Jadi jika kita terkena virus. Kita hanya perlu merestart komputer kita, dan komputer pun akan kembali seperti pertama kita nyalakan Deep Frezze tersebut. Namun kekurangan menggunakan Deep Freeze adalah jika kita ingin menginstal program kita harus menonaktifkan Deep Frezze terlebih dahulu dan memerlukan restart. Tentunya akan menyita waktu.

Saran tambahan, yang sering dilakukan oleh pengguna komputer adalah mematikan antivirus untuk menjalankan program yang terdeteksi virus oleh antivirus itu sendiri. Itu merupakan kesalahan besar, karena dengan mematikan antivirus tersebut dan menjalankan program yang terdeteksi, itu sama saja kita membolehkan virus untuk masuk ke komputer kita.


Baik, sekian postingan kali ini tentang bagaimana menjaga komputer kita agar senantiasa aman dari virus. Bisa menjadi referensi anda dan semoga bermanfaat...

Artikel Terkait

Previous
Next Post »