Layanan Google yang populer

1:36 PM
Google yang merupakan raksasa internet saat ini memiliki layanan layanan yg sangatlah bagus. Dari puluhan layanan milik Google berikut layanan Google yang populer dan banyak dipakai oleh para pengguna nya.


1. Blogger
Blogger adalah sebuah layanan publikasi blog yang dibuat oleh Pyra Labsdan diakusisi oleh Google pada tahun 2003. Secara umum, blog yang dihostoleh Google berada di bawah subdomain blogspot.com. Blogger memperbolehkan penggunanya untuk mempublikasikan blognya di server lain, melalui FTP hingga 1 Mei 2010. Setelah tanggal tersebut, semua blog harus disimpan di server Google, meskipun pengguna dapat menggunakan alamat situsnya sendiri dengan fitur Custom URL. Untuk mengakses blogger dapat masuk ke blogger.com


2. Gmail
Gmail adalah layanan surel milik Google. Pengguna dapat mengakses Gmail dalam bentuk surat web HTTPS, protokol POP3 atau IMAP4. Gmail diluncurkan dengan sistem undangan dalam bentuk Beta pada 1 April 2004 dan tersedia untuk publik pada 7 Februari 2007 meski masih menyandang status Beta. Bersama seluruh produk Google Apps, layanan ini tidak lagi Beta pada 7 Juli 2009.


3. Google+
Google+ atau Google Plus adalah jejaring sosial yang dioperasikan olehGoogle Inc. Google+ diluncurkan pada 28 Juni 2011 dengan sistem undangan untuk diuji coba. Di hari tersebut, pengguna Google+ diijinkan untuk mengundang teman di atas 18 tahun, untuk membuat akun. Namun, ini segera dihentikan sehari kemudian setelah pembuatan akun semakin membeludak.
Google+ mengintegrasikan layanan sosial seperti Google Profile dan Google Buzz, dan memperkenalkan layanan baru seperti Circles, Hangouts, Sparks, and Huddles. Google+ juga akan tersedia dengan berbagai aplikasi desktop dan aplikasi ponsel, tetapi hanya pada Android dan sistem operasi iOS. Media massa seperti The New York Times telah menyatakan bahwa Google+ adalah upaya terbesar Google untuk menyaingi jaringan sosial Facebook, yang telah mempunyai lebih dari 750 juta pengguna pada tahun 2011


4. Google Search
Untuk yang satu ini saya rasa yang paling populer dan hampir setiap hari digunakan oleh para pengguna nya.
Google Search (atau Google Web Search) adalah mesin pencari web yang dimiliki Google Inc. Google Search adalah mesin pencari yang paling banyak digunakan di dunia maya. Sekian ratus juta kueri dimasukkan setiap harinya oleh para peselancar web melalui berbagai macam layanan yang disediakan.
Urutan hasil pencarian Google sebagian didasarkan pada peringkat prioritas bernama "PageRank". Google Search memberikan banyak pilihan pencarian kustom dengan operator Boolean seperti: pengecualian ("-xx"), alternatif ("xx OR yy"), dan kartu liar ("x * x").


5. Google Translate
Google Terjemahan (Google Translate) adalah layanan yang disediakan oleh Google Inc. untuk menerjemahkan bagian teks atau halaman web dalam satu bahasa ke bahasa lain. Untuk beberapa bahasa, pengguna diminta untuk memberikan terjemahan alternatif, seperti untuk istilah teknis, yang akan dimasukkan untuk pembaruan dalam proses penerjemahan selanjutnya.
Tidak seperti layanan terjemahan lain seperti Babel Fish dan AOL yang menggunakan SYSTRAN, Google menggunakan perangkat lunak terjemahan sendiri.
Google Terjemahan, seperti alat terjemahan otomatis lain, memiliki beberapa keterbatasan. Meskipun dapat membantu pembaca untuk memahami isi umum dari teks bahasa asing, tetapi tidak memberikan terjemahan akurat.


6. Google Streetview
Google Street View merupakan sebuah fitur Google Maps yang diperkenalkan tahun 2007 dan menyediakan pemandangan jalan 360° dan membolehkan pengguna melihat bagian dari kota pilihan mereka danwilayah metropolitan sekitarnya pada tingkat dasar. Ketika diluncurkan tanggal 25 Mei 2007, hanya lima kota yang dimasukkan. Kemudian berkembang ke lebih dari 40 kota AS, dan meliputi pinggiran kota, dan kota-kota terdekat.
Google Street View, ketika dioperasikan, menampilkan foto yang sebelumnya diambil oleh kamera di atas sebuah kendaraan, dan dapat dijelajahi menggunakan tombol panah di keyboard atau mouse dengan menekan panah di layar. Menggunakan cara ini, foto dapat dilihat dalam berbagai ukuran, dari arah manapun, dan berbagai sudut. Garis yang diperlihatkan di sepanjang jalan menandai arah yang diikuti oleh jalan itu.


7. Google Images
Google Images adalah layanan pencarian yang dibuat oleh Google dan diperkenalkan pada bulan Juli 2001. Layanan ini memungkinkan pengguna mencari konten gambar di web. Kata kunci pencarian gambar didasarkan pada nama berkas gambar, teks tautan yang mengacu ke gambar, dan teks di dekat gambar. Saat mencari gambar, miniatur gambar yang cocok dengan kueri pencarian tersebut akan ditampilkan. Ketika pengguna mengklik miniatur tersebut, gambar tersebut ditampilkan di dalam kotak yang menimpa situs web sumbernya. Pengguna kemudian bisa menutup kotak dan menelusuri situs tersebut atau melihat gambar dalam ukuran penuh.


Sekian artikel kali ini, isi artikel ini banyak diambil dari Wikipedia namun telah diringkas sebaik mungkin agar mmemudahkan para pembaca..

Artikel Terkait

Previous
Next Post »